Sabtu, 07 Januari 2012

Pemberian vitamin, mineral dan obat-obatan untuk meroati balap

Kendati makanan dan minuman sehari-hari juga terdapat kan¬dungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan merpati, vitamin serta mineral masih harus diberikan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi kekurangan vitamin dan mineral.

Kebutuhan vitamin dan mineral sangat penting untuk mening¬katkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, memperkuat otot, memperlancar metabolisme tubuh, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Vitamin yang dibutuhkan sesuai kebutuhan meliputi vitamin A (menyehatkan dan mempertajam penglihatan mata), B kompleks (memperkuat otot dan saraf, meningkatkan daya tahan tubuh, nafsu makan, dan kemampuan terbang serta mempertahankan sel darah merah), C (menyehatkan kulit), D (membantu pertumbuhan tulang dan bulu), E (memperkuat otot dan jaringan tubuh), dan K (mempercepat pembekuan darah).

Sementara mineral yang diperlukan meliputi fosfor (P), ferum (Fe), ,iodium (I), kalsium (Ca), kuprum (Cu), mangan (Mn), dan seng (Zn). Mineral-mineral tersebut sangat membantu pembentukan hemoglobin dan hormon, metabolisme tubuh, menumbuhkan otot, membentuk sel darah merah, memperkuat otot jantung, menumbuhkan tulang kerangka, menumbuhkan badan, serta mengaktifkan organ.

Pemberian vitamin dan mineral dapat dicampur dengan makanan sehari-hari. Bila pakannya berupa biji-bijian sementara mineral yang akan diberikan berupa bubuk, pencampuran dapat dilakukan dengan dicampur minyak ikan atau madu. Pencampuran ini sekaligus juga untuk menambahkan vitamin.


Sementara untuk obat-obatan sebaiknya diberikan saat diper¬lukan saja, misalnya dalam kondisi sakit, menjelang lomba, atau selesai lomba agar dapat menghilangkan rasa lelah. Misalnya diberikan obat antistres seusai mengikuti lomba atau perjalanan jauh. Hal ini untuk mengantisipasi agar kesehatan burung tidak terganggu.

Obat-obatan yang diberikan biasanya hasil ramuan sendiri, berupa ramuan rempah-rempah yang ditambah madu dan kuning telur. Selain itu, ada juga yang menggunakan tambahan obat-obatan yang biasa digunakan manusia hanya saja dosisnya harus lebih kecil atau membeli obat-obatan yang sudah jadi, misalnya Rudal, Canary Post, Supervit Drops, serta obat antistres yang banyak dijual di toko-toko obat dan makanan burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Takut Bertanya dan Berbicara.,.,.,.,.,.,
Luapkankanlah semua isi pikiran & hati anda disini.,.,.,
salam persahabatan.,.,.,.,.!!!!!!!!!!!!