Jumat, 23 Desember 2011

Pakan Hamster

Banyak orang yang ingin memelihara hamster bertanya, pakan apa yang cocok untuk hamster? dan pakan apa yang sebaiknya tidak diberikan pada hamster? Kita perlu mengingat bahwa hasmter berasal dari daerah padang rumput sub tropis. Dengan demikian, dapat ditebak bahwa di tempat asalnya hamster makan biji-bijian. Berikut ini adalah makanan yang cocok untuk hamster:

1. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari merupakan makanan yang mudah disukai oleh hasmter. Namun, pemberian dalam jumlah banyak akan mengakibatkan obesitas dan serangan jantung.Hal in idikarenakan kandungan lemak dalam biji bunga matahari cukup tinggi. Oleh karena itu, pemberian biji bunga matahari hendaklah dibatasi.

2. Kacang Tanah
Sama halnya dengan biji bunga matahari, kacang tanah diperlukan untuk menjaga keseimbangan gizi hamster tetapi harus dibatasi pemberian kepada hamster.

3. Kacang Kedelai

Kacang ini kaya akan protein. Pemberian kacang kedelai baik diberikan kepada hamster supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, kacang kedelai kering baik untuk mengasah gigi hamster karena keras.

4. Beras Merah
Beras merah banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dapat menjadi kurus.

5. Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin mutlak diperlukan untuk sebagai zat pengatur dalam tubuh.

6. Padi/Gabah
Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yang kaya akan pro-vitamin D.

7. Konsentrat
Biasanya jika kita membeli makanan hamster yang dijual di petshop, kita sudah bisa menemukan konsentrat ini. Bentuknya berupa pellet. Konsentrat adalah campuran dari berbagai jenis makanan yang sudah diramu oleh pabrikan. Pemberian konsentrat juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

8. Wortel
Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat-zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Wortel yang diberikan adalah wortel lokal yang berukuran besar dan dalam kondisi segar namun masih muda (belum berkayu). Wortel impor tidak disarankan karena disinyalir mengandung zat pengawet dan obat-obatan untuk menjaga penampilan hamster.

9. Taoge
Taoge adalah kecambah dari kacang hijau. Taoge cukup diberikan sedikit saja setiap harinya. Taoge mengandung banyak sekali vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster. Berdasarkan pengalaman aku, hamster ssangat menyukai taoge.

Lalu, pakan apa saja yang tidak cocok atau sebaiknya tidak diberikan pada hamster?

1. Sayuran Hijau
Beberapa jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun tidak baik diberikan berlebihan kepada hamster. Hamster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berbagi jenis sayuran berdaun, terutama sayuran berdaun putih. Sawi dapat menyebabkan kelemahan pada tulang punggung. Beberapa jenis sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan mulas. Pemberian sayuran secara berlebih dapat menyebabkan hamster terlalu sering buang air besar, bahkan mencret. Gejala ini dapat diketahui dari pantat hamster yang selalu basah.

2. Cabai dan Makanan Pedas
Cabai dan masakan pedas lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Cabai membuat sensasi pedas dengan menggerus lidah sehingga berbahaya bagi hamster. Selain itu, bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada hamster.

3. Cokelat dan Permen

Coklat dan permen adalah makanan berbahaya bagi hamster. Coklat sendiri bersifat racun bagi hamster. Sedang pada permen, seringkali mengandung zat-zat kimia yang memang tidak pernah ada dalam makanan hamster.

4. Ikan Asin dan Makanan Bergaram
Ikan asin dan masakan yang mengandung garam lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Pemberian pakan jenis ini pada hamster dapat mengakibatkan bulu hamster rontok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Takut Bertanya dan Berbicara.,.,.,.,.,.,
Luapkankanlah semua isi pikiran & hati anda disini.,.,.,
salam persahabatan.,.,.,.,.!!!!!!!!!!!!